MALA TAU SITAMMU AKA' PEKUYA'NA PUANG

Kamis, 01 Februari 2018

GELAR-GELAR DARI 7 DAERAH KEKUASAAN TABULAHAN

SEJARAH TABULAHAN DAN SEKITARNYA
(ditulisOleh: Alm. Om Daud Zima)
(DiketikdandieditolehApolosAhpa, STh.)

JudulAsli:
KATA YANG EMPUNYA CERITERA

III. GELAR-GELAR DARI 7 DAERAH KEKUASAAN TABULAHAN


1.      Aralle
Digelar, Indona ba'bana lembang toma'kadanna  to Pitu ulunna salu karua tiparitti'na uai. Todi pa'ulua dimana' artinya Indona Aralle menerima segala pembicara-bicaraan penduduk dalam Pitu ulunna salu karua tiparitti'na uai lalu pembicaran itu dibawanya datang   di   Tabulahan supaya diurusnya.  Dan bagaimana keputusan urusan itu,    Indona Aralle menyampaikannya pula padakepala-kepalahadat di Pitu Ulunna Salu yang bersangkutan.

2.      Mambie
Digelar, Indona Lantang kadanenek, Lempokendeanna, atau lempokurinnna, artinya di Mambie, tempat pemondokan segala kepala-kepala hadat Pitu ulunna salu karua tiparitti'na uai untuk Membicarakan katibangunganna lita',  kamahosonganna ma'rupa  tau,  atau perkara-kara  yang   lain   yang   patut dibicarakan dalam pertemuan kepala-kepala hadat.  Segala pembicaraan itu atau segala keputusannya,  harus disampaikan pada Indona lita'(Tabulahan) supaya dipohonkan berkat atas pembicaraan itu, supaya hasil pembicaraan itu mendatangkan bahagia. Tanggungan indona Mambi yaitu melayani kepala-kepala hadat dalam kumpulanya selama mereka itu bersidang.

3.      Bambang
Digelar, Sangkirantintinnna, pandagan lappa-lappa, Su'buang ada, artinya sebagai penungguh talikawat yang menghubungkan satu negeri pada negeri  yang  lain.  Yaitu kalau ada yang membuat satu kejahatan  yang  akan merusakkan tanah Pitu ulunna salu karua tiparitti'na uai maka Indona Bambang mulai mengajar mereka,  dengan menurut undang-undang hadat. Tagal itu Indona Bambang tempat simpanan ada'.

4.      Rantebulahan
Indona lembang Tomakakanna lita'. Artinya orang yang  dipandang  kaya dalam Pitu lunna Salu. Sebab ia diwajibkan akan membayar dendanya pada tiap-tiap orang yang mendapat denda karena perbuatannya,  supaya ada perdamaian kembali. Biasa juga digelar Toma' dua Taking toma' tallu sulekkauntetenge kondosapata.  Artinya diberi hak akan menjaga keamanan; dan memperdamaikan  orang  yang  berselisi dengan memberi hadiah selaku upahnya supaya perselisihan kedua pihak selesai.

5.      Matanga
Digelar, Adiri Tatempong , tamba Tammalate artinya Tiang yang terkuat,  akan menyokong jatuh dan bangunnya penduduk Pitu ulunna salu karua tiparitti'na uai.

6.      Mala'bo(Tu’bi)
Digelar, Tandu'  kalua' palasangmarosong, Toungngohko’Itampa’ lita’naada’ PituUlunnaSalu,artinyaialahselakudindingtemboknyaPituulunnasalukaruatiparitti'nauaibilaadabangsa lain akanmerusakkantanahini(Hulubalang).

7.      Tabang
Digelar, Bakadisura’gadangdiromanna,TalaunnakadanenekbubungannakadatomatuaBakadisuragandangdiromaituselakupusakanyasaja.Talaunnakadanenek,  bubungannakadatomatuaartinyabatasannyaketujuhjajahannegeri yang samakuasa.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar