MALA TAU SITAMMU AKA' PEKUYA'NA PUANG

Kamis, 01 Februari 2018

PONGKAPADANG DAN SILSILA KETURUNAN DI TABULAHAN

SEJARAH TABULAHAN DAN SEKITARNYA
(ditulis Oleh: Alm. Om Daud Zima)
(Diketik dan diedit oleh Apolos Ahpa, STh.)

Judul Asli:
KATA YANG EMPUNYA CERITERA

I.                   PONGKAPADANG DAN SILSILA KETURUNAN DI TABULHAN


Adapun  manusia  yang  pertama-tama  mendiami  Tanah TorajaMamasa ini,  ialah:  Pongka Padang  dan  isterinya  bernama Torije'ne'. Pongka  Padang  asalnya  dari  Hulu Sa'dan (Sa’dan = Rantepao). Mereka 7orang bersaudara yaitu:
1.      Pongka Padang
2.      Bobong Langi'
3.      Sulo Allo
4.      Patoreng Manoe'
5.      Mangkoana (Lando Belue’)
6.      Lando Guntu'
7.      Lombe Susu
Tempatnya masing-masing:
1.      Pongka Padang ke  Bulo Mappa (Tabulahan)
2.      Lombe Susu ke Lohe (Mangki Tua)
3.      Lando Guntu' ke Binuang
4.      Mangkoana ke Bone
5.      Bobong Langi'
6.      Sulo Allo                   tinggal di Sa'dan
7.      Patoreng Manoe'

Kami ceriterakan nenek Pongka Padang dan isterinya bernama Torije'ne', karena  ialah  nenek  moyang  kami  kaum  Toraja Mamasa/ Tabulahan.
Bermula  nenek  Pongka Padang berangkat dari Sa'dan sesama seorang anak  bernama Tamalillin. Mereka membawa sebuah gong dan sebila  parang (pamaki). Sesudahnya beberapa hari mereka berjalan,   maka    keduanya   sampailah   dipuncak   gunung Mambulillin.  Di   sana   tinggallah  mereka  beberapa  harilamanya, sebab Tamalillin kawannya dalam perjalanan mendapat sakit. Tetapi  tiada  berapa  lamanya  meninggallah  ia, dan Pongka Padang  kuburkan  di sana. Itulah sebabnya gunung itu dinamai Mambulillin,  yaitu  satu  peringatan pekuburan dari Tamalillin.
Pongka  Padang  mulai  layangkan pemandangannya di segenap pihak, maka  tiba-tiba  nampaklah  dari  jauh  asap api yang berkepul-kepul naik  pada  sebelah Barat tempat nenek Pongka Padang itu. Asap  api  itu,  seolah-olah  melambai-lambai nenek Pongka Padang akan  datang  di  tempat  itu,  karena di sana adalah pertolongan bahkan ada kawan. Dengan   tiada   berpikir   lagi,   nenek   Pongka  Padang berangkatlah ketempat itu.
Di   sana   didapatinya  satu  perahu  yang  didiami  satu perempuan yang  cantik  sekali, berpakaian kain yang berukir merah  hitam   (Sura').   Nenek  Pongka  Padang  amat  heran melihatnya si  perempuan  itu  bercampur  takut,  karena  disangkanya dewa yang baru turun dari kayangan (langit). Tetapi  hati  nenek  Pongka Padang diberanikannya, lalu ia pergi mendekati  perempuan  itu  dan menanyakan dari mana ia datang. Si  perempuan  ini, mulai menceriterakan peri bagaimana ia ada pada  tempat  itu,  katanya:  Sebenarnya  saya dua orang bersaudara. Akan  tetapi  waktu air ampuhan, maka kami kedua bersaudara masuk  dalam  perahu ini, dan mulai berlayar. Ditengah  pelayaran  kami,  tiba-tiba  datanglah  angin  ributsehingga terjadilah ombak yang besar.Ombak  itu  menyambar  saudara  saya  bernama Pue Panundanseorang laki-laki, maka hilanglah ia.Dengan  peristiwa  itulah,  sehingga  saya tinggal seorangdiri, dalam  perahu  ini.  Dan sesudahnya air ampuhan surut,terkandaslah di tempat ini.Hati nenek Pongka Padang mulai senang, lalu ia bertanya akannamanya, lagi  pula dimintanya akan dikawini. Namanya ialahTorije'ne' dan  mulailah  kedua  orang  itu kawin. Tempatnyadinamai `Kapusaan'  artinya: keheranan. Yang sampai sekarangdisebut orang gunung Kapusaan.
Tetapi  rupanya  keduanya  tak  begitu  senang  tinggal ditempat itu,  sehingga  tidak  lama  kemudian,  maka keduanyaberpindah ke  satu  gunung  yang bentuknya lebih bagus yaitugunung Buntu  Bulo. Di sana tinggallah mereka dengan senang,dan pada  tempat  itu  keduanya telah melahirkan tujuh oranganak yang bernama:

        1. Daeng Manganna
        2. Mana Sala'bi'
        3. Buntu Bulo (Mana Pahodoh)
        4. Simba' Datu
        5. Bura Le'bo'
        6. Pahtana Bulang
        7. Pullao Mesa

Tempatnya masing-masing:
1. Daeng Mangnganna
 
2.      Buntu Bulo
3.      Bura Le'bo'
4.      Pahtana Bulang
5. Mana Sala'bi' ke Pakko (Tandalangan)
6.      Simba Datu ke Lembang Mapi (Tandasau)
7.      Pullao Mesa ke Masorang (Tandalangan)
Daeng   Manganna  kawin  dengan  saudaranya  bernama  BuraLe'bo'. Keduanya  memotong  seekor  babi akan menandai bahwapersaudaraannya  diputuskan   dulu,   supaya   selamat   danberbahagia dalam  rumah  tangganya.  (Bahasa  Sa’dan dikenal dengan:“Ma'lentengan Buntu”).Dengan   berkat  Tuhan,  maka  keduanya  telah  melahirkansebelas orang anak. Yang bernama:

        1.  Dettumanan
        2.  Takayang Pudung
        3.  Makkedaeng
        4.  Tambuli Bassi
        5.  Tammi' (Ampu Tenge')
        6.  Daeng Kamahu
        7.  Daeng Malulung
        8.  Daeng Maroe'
        9.  Daeng Matana
        10. Sahalima
        11. Tala'binna

Tempatnya masing-masing:

1.      Dettumanan di Tabulahan
2.      Takayang Pudung di Sumahu (Tabulahan di Tanete Kamande)
3.      Makkedaeng di Mamuju
4.      Tambuli Bassi di Tampalang
5.      Tammi' (Ampu Tenge') di Bambang
6.      Daeng Kamahu di Taramanu'
7.      Daeng Malulung di Balanipa
8.      Daeng Maroe' di Ulumanda'
9.      Daeng Matana di Mambie
10.  Sahalima di Koa (Tabang)
11.  Tala'binna di Mangki tua (Lohe)
Dettumanan  kawin  dengan seorang perempuan anak cucu dari Lombe Susu bernama Puelebuttang, asal dari Mangki Tua (Lohe)lalu beranak 5 orang yaitu:
1.      Soyak
2.      Manatanda
3.      Pakiringan
4.      Tahengkona
5.      Takaise'
Soyak dan Manatanda tinggal di Tabulahan. Pakiringan  mula-mula  ke  Kalonding  bahagian  Mamuju dan kemudian ia  balik  kembali,  lalu  disuruh  oleh bapanya ke Osango sesama  seorang hambanya bernama Pambate yang menjadi asal neneknya orang Taupe (Osango).
Tahengkona dikawini oleh seorang lelaki bernama Bundangulu anak cucu  dariSimba Datu asal dari Matanga. Mereka tinggal di Baitang (Aralle).
Ta Kaise  dikawini  oleh  seorang  lelaki  bernama Manalolo, saudara dari Bundangulu. Mereka tinggal di Tapako (Aralle).
Kedua  lelaki  yang  disebut  di atas ini yakni Bundangulu & Manalolo, silsilahnya begini:Simba Datu memperanakkan Marimbun,lalu Marimbun kawin  dengan  seorang lelaki bernama Parinding Bassi  anak  dari  Pullao  Mesa  di  Masorang,  lalu  memperanakkan ta Ayoan.  Lalu, Ta Ayoan memperanakkan Bundangulu dan Manalolo. Itulah asal keturunan di Aralle.

Mengenai Silsila Keturunn Soyak dan Manatanda yang bermukim di Tabulahan, anak dari Dettumanan hasil perkawinannya dengan Puelebuttang cucu dari Lombe Susu dari Mangki Tua (Lohe, Galumpang), Silsilah lengkapnya adalah seperti berikut:

Soyak                          memperanakkan          Bembe
  Bembe                       memperanakkan Daeng Siande
  Daeng Siande            memperanakkan Matanning
  Matanning                 memperanakkan Ahuang di Dadeko
  Ahuang di Dadeko    memperanakkan Todisondongi, Singka
  Todisondongi            memperanakkan: 
1. Daeng Mallipung
2. Daeng Mangemba
3. Eloangin
4. Ata
  Daeng Mallipung      memperanakkan Toumpellei Dasanna    
  Toumpellei Dasanna memperanakkan Daeng Pallaha, Daeng Pallaha      memperanakkanMalinga' Ende
  Malinga'         memperanakkan Moko' Tangkahang
  Moko'             memperanakkan: 
1. Ta Kaliasa'
2. TA Behe 
3. Ta Tangkahang 
4. Ta Saehang

Ta Kaliasa' kawin dengan Su'beng anak cucu dari Ata saudaranya Mallipung (lih.keturunan Todisondongi) lalu memperanakkan:
        1. Ta Parinding
        2. Ta Loma'
        3. Ta Letung
        4. -
Ta Parinding  kawin  dengan  Ta Banna  anak  cucu dari nenek Daeng Mangemba(lih.Keturunan Todisondongi), lalu memperanakkan Ta Sibuntang.
Ta Sibuntang  kawin  dengan  Ta Palulungan, ta Palulungan adalah saudaranya  Tuan Parenge  (Tamangkoa)   anak   cucu  dari  Ta Behe  saudaranya Ta kaliasa' (Lih.Keturunan Moko’dan lihat juga uraian silsila keturunan Ta Behe dibawah)  lalu  memperanakan
1.      Ta Mangoli(Mangoli)
2.      TaKambelu,
3.      TaMolo,
4.      Ta Kessu’
5.      TaMandayai(lain Ibu).

Tamangoli kawin dengan Ta Dottong.
Adapun asal keturunan atau silsila dari ta Dottong adalah seperti ini: ta Toma'/Loma’ kawin dengan Ta Ente lalu  memperanakkan Ta Sempa. Lanjut, Ta Sempa memperanakkan :
1.      Ta Su'bu
2.      Ta Sondo
3.      Ta Ta'le
Ta Sondo  kawin  dengan  Ta Mokang  saudaranya Sampanga (Pue Masalung) anak cucu dari nenek Ata lalu memperanakkan:
1.      Ta Deppung
2.      Ta Madi
3.      Ta Ayo
4.      Ta Dottong
5.      Ta Bassi
6.      Ta Sambeng Bulahang

Ta Dottong dikawini oleh Ta Mangoli lalu memperanakkan:
1.      Ta Boha'
2.      Ta Maya'
3.      Simba Datu
4.      Patundan (Barends)
5.      Aruang Boyo
6.      Pahtaro Pura (Ta Ma'ta).

Sementara Ta Behe  saudaranyaTa Kaliasa' (lih. Keturunan Moko’)kawin dengan seorang lelaki bernama Ta Buli, lalu  memperanakkan:
1.      Ta Lento,
2.      Ta Tau'.

TaLento kawin dengan Ta Hapu lalu memperanakkan:
1.      Ta Palu'lungan
2.      Ta Sondong
3.      Ta Sapahu
4.      Ta Betanga'
5.      Ta Sangkalla'
6.      Ta Imba'
7.      Ta Besu'
8.      Ta Mangkoa (Parenge') (Baliada')
9.      Ta Isungan

Ta Mangkoa kawin dengan Ta Berindu lalu memperanakkan:
1.      Tande Bua'
2.      Ta Kakiing
3.      Ta Sitakkan
Sementara itu Daeng  Mangemba saudaranya Daeng Mallipung (Lih. Keturunan Todisondongi)memperanakkan ta La'lang.
Ta La'lang memperanakkan:
1.      Sambo,
2.      Lita',
3.      dll.
Sambo memperanakkan:
  1. La Tangke,
  2. Indo Malliki'. 
LaTangke memperanakkan
  1. Ta Ponang, 
  2. Tatu'. 
Ta Ponang  kawin dengan To Diparang  lalu memperanakkan
  1. Ta Sassang
  2. Ta Banna,
  3. Ta Dähu'.
Ta Sassang kawin dengan Ta La'le'(Ta La’le adalah cucu  dari  Daeng  Mangemba) lalu memperanakkan Polo Padang (kepala  tua  di Saluleang bahkan hadat besar di tanah itu.)
Polo  Padang  kawin  dengan  Ta Ayo  tetapi tak beranak.
Kemudian Polo Padang kawin lagi dengan Ta Soe lalu memperanakkan:
  1. Ta Mattayan,(mattayan ini meninggal sebelum berketurunan)
  2. TaTona'(tidak kawin dan tidak berketurunan) maka garis keturunan POLO PADANG berhenti sampai di Nene’ Tona’
Sementara itu Ta sapahu (saudaranya Ta Palulungan) kawin dengan Ta Limbu asal dari Sumahu' anak cucu dari Ta Magondoi lalu memperanakkan:
1.      Ta Sitti,
2.      Ta Buaran,
3.      Ta Leppang.
Ta Sitti  kawin   dengan   Ta Kandongi (Takandongi beraasal   dari  keturunan di Aralle sebahagianya, namun ibunya adalah orang Tabulahan) lalu memperanakkan:
1. Ta Samalang (Johannes)
2.  Ta Bena
3. Ta Nänti
Ta Buarantidak ada anak.
Ta Leppang  kawin  dengan  Aruang  Bonga(Aruang Bonga adalah anak dari AruangPasau') lalu memperanakkan  Dettumanan di Mamasa.

Talimbu diangkat menjadi Pangulu Tau. (Pa' bahani)


8 komentar:

  1. Adakah Kisah tentang nenek lombe susu yang sampai ke tande (Majene)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau lombessusu dia kedaerah mangki dekat kalumpang, adapaun lombessusu sampai kemajene belum ada saya tau tentang perjalannya sampai kemajene, tapi coba kita tanyakan orang2 tua di Majene

      Hapus
  2. Darikisa ini saya masih penasaran akan asal usul isteri dari pongka Padang, karna hanya di jelaskan "torije'ne" (orang dari air). Apakah dia asal usulnya memang dari air. Atau "torije'ne" ituemang nama dari isteri pongka Padang. Dan jikalau memang torije'ne itu adalah nama berrti torije'ne dari suku apa.?

    BalasHapus
  3. Mungkin perlu diperdalam lagi tentang sejarah, karena perlu dibedakan bahwa pangngulu tau dengan pakbarani

    BalasHapus
  4. Pangngulu tau dengan pakbarani harus dibedakan, mereka punya tugas masing-masing, jadi kalau pangulu tau berarti bukan pakbarani begitupun sebaliknya

    BalasHapus
  5. Kalau diliat dari cerita ini tentang pongkapadang agak kurang lengkap tentang perjalanan hidupnya, kenapa sy kurang lengkap ketika kita simak perjalannan nenek turujeknek yang dimana sebelumnya di berlayar dan saudaranya meninggal karena terhempas badai, dan sandar di atas gunung, berarti pada saat itu, air laut sempat menutupi pegunungan,.. jadi dari analisa ini, nenek pongkapadang pada saat air laut naik dimana dia.... mohon pencerahannya...

    BalasHapus
  6. setau saya dari sejarah orang pongkapadang tidak punya saudara

    BalasHapus
  7. Nama2 bersaudaa diatas hampir sama dengan silsilah di sa'dan tp menurut cerita yg kami dengar dari orang tua2 kami Bobing Langi yg ke mamasa

    BalasHapus